0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PT Sumber Sandang Artoguna Tidak Berijin Selama 10 tahun

timlo.net/putra kurniawan
Warga Gedangan Menunjukkan sampel air limbah milik PT Sumber Sandang Artoguna (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Pabrik konveksi dan makanan PT Sumber Sandang Artoguna yang berada di Jalan Solo-Baki Km 5, Desa Gedangan, Kecamatan Grogol tidak memiliki ijin lingkungan selama 10 tahun. Sejak habis ijinnya tahun 2006, hingga saat ini proses perijinan masih berjalan.

“Kita masih dalam proses perijinan dan melengkapi persyaratan yang diminta Badan Lingkungan Hidup Sukoharjo. Dan saat ini kita sudah berusaha membangun pengolahan limbah dan kita sedang trial jadi minta kepada warga untuk bersabar,” kata Humas PT Sumber Sandang Artoguna, Purwono, Senin (9/5).

Namun selama masa trial pabrik konveksi dan makanan ringan ini meminta agar tetap bisa membuang limbahnya ke saluran air yang mengalir ke pemukiman warga. Pihak pabrik menyatakan kualitas limbah sudah cukup baik meskipun belum sesuai standar baku mutu dari Badan Lingkungan Hidup (BLH).

Sementara itu dari pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sukoharjo menyatakan, PT Sumber Sandang Artoguna tidak memiliki ijin. Namun demikian selama proses pengurusan diperbolehkan beroperasi bersama dengan perbaikan dan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang semestinya.

“Kita berikan kesempatan untuk trial hingga air limbahnya sesuai baku mutu yang diharapkan, kalu tidak produksi bagaimana kita mengetahui kualitas limbah yang dibuangnya sudah sesuai baku mutu,” tandas perwakilan BLH Sukoharjo, Joko, dalam audiensi bersama warga dan perusahaan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge