0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Tutup Saluran Limbah Pabrik Konveksi

Warga Gedangan Menunjukkan sampel air limbah milik PT Sumber Sandang Artoguna (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Puluhan warga Desa Gedangan, Kecamatan Grogol menutup saluran limbah milik PT Sumber Sandang Artoguna. Warga kesal karena selama 15 tahun pabrik konveksi ini membuang limbahnya ke saluran irigasi warga.

“Kami terpaksa melakukan penutupan ini karena sudah kesal diberikan janji-janji akan diperbaiki, buktinya sampai saat ini tidak dilakukan dan masih membuang limbah ke saluran. Sudah ada warga yang menjadi kroban dan mencemari sumur dan pertanian warga,” kata Kepala BPD Desa Gedangan, Sugiharjo, Senin (9/5).

Penutupan saluran limbah ini diawali dengan aksi unjuk rasa puluhan warga dari Balai Desa Gedangan menuju lokasi pabrik. Setelah pihak perusahaan bersama perwakilan warga tidak mendapatkan titik temu, warga hilang kesabaran langsung membongkar dan menutup saluran limbah.

Kesabaran warga ini habis setelah dua hari sebelumnya warga mendapati PT Sumber Sandang Artoguna mengakui telah membuang limbah berwarna hijau pekat ke sungai. Sedangkan kesepakatan pada pertemuan sebelumnya pabrik menyatakan tidak akan membuang limbahnya ke sungai lagi.

“Tuntutan kita hanya satu, pabrik tidak boleh membuang limbah yang membahayakan ke sungai kalau tidak bisa menyanggupi kita tutup,” tandas Ketua RT 3/ RW 1, Sagiman.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge