0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNBK SMP Diwarnai Keterlambatan

dok.timlo.net/aditya wijaya
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Solo – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP hari pertama, Senin (9/5) diwarnai keterlambatan sekitar 30 menit. Sesuai jadwal, pelaksanaan sedianya dimulai pukul 07.30 WIB, terpaksa tertunda antara 10 hingga 30 menit. Kejadian itu terjadi di sejumlah sekolah, seperti SMP Negeri 9, SMP Negeri 27 dan sebagainya.

“Memang terjadi keterlambatannya, meski berbeda-beda. Ada yang molor 10 menit, ada yang molor sampai 30 menit,” ungkap Kasi Kurikulum Bidang SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo, Waliyono saat dikonfirmasi wartawan di Kantor Dinas Dikpora Solo, Senin (9/5).

Menurut Waliyono, keterlambatan masing-masing sekolah memang berbeda-beda karena proses loadingnya juga berbeda-beda. Ada yang prosesnya memakan waktu 10 menit, tetapi ada sekolah yang terpaksa molor sampai 30 menit.

“Tergantung pada perangkat komputer yang digunakan untuk instal atau loadingnya,” ujarnya.

Waliyono mengatakan, kondisi tersebut terjadi di beberapa sekolah di Kota Solo, akibat ada perintah mendadak dari panitia pusat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar sekolah-sekolah segera mengganti exambrowser.

Namun demikian, menurut Waliyono, kondisi tersebut tidak mengurangi hak peserta dalam mengerjakan soal-soal ujian. Meskipun molor pelaksanaannya, waktu mengerjakan untuk semua peserta tetap dua jam atau 120 menit.

“Hak siswa tidak berkurang,” tegasnya.

Sejauh ini, menurut Waliyono, proses dan gangguan yang terjadi, sudah tertangani. Sehingga UNBK tetap bisa berjalan. Ke depan, pihaknya berharap proses selanjutnya bisa lancar.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge