0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UN SLB Hari Pertama Siswa Dibantu Guru Pendamping

Azzahra Putri MAgfiroh siswa SLB Langanharjo sedang mengerjakan soal UN (timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Lima siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Langenharjo, Grogol mengikuti Ujian Nasional tanpa kendala. Penyandang tuna rungu ini dapat menyelesaikan soal tepat waktu meskipun harus dibantu oleh guru pedamping saat mengerjakan.

“Soal ujiannnya sudah standar, hanya saja pemahaman kalimatnya harus dibantu oleh guru pendamping, karena memang mereka kesulitan. Dan keberadaan guru pendamping itu diperbolehkan sesuai aturan,” kata Kepala SLB Langenharjo, Mardani, Senin (9/5).

Dari lima siswa SMP yang mengikuti ujian, hanya dua yang mengerjakan soal Ujian Nasional dari penyandang tuna rungu. Sedangkan tiga siswa penyandang tuna grahita mengerjakan soal ujian sekolah.

Salah satu siswa, Azzahra Putri Magfiroh mengaku ada beberapa soal ujian yang tidak mengerti maksudnya sehingga harus dibantu guru pendamping untuk mengartikannya. Remaja yang bercita-cita menjadi penjahit untuk mendapatkan uang ini akhirnya dapat mengerjakan semua soal dengan lancar dan tepat waktu.

“Belajar terus setiap malam, tapi saat ujian ada soal yang kalimatnya panjang tidak tahu, sehingga dibantu ibu guru,” tandas Azzahra Putri Magfiroh.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge