0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sejumlah SMAN Bakal Buka 11 Rombel

SMA Negeri 1 Solo (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Setelah Sabtu (7/5) kemarin hasil ujian nasional diumumkan, sejumlah SMA Negeri Kota Solo mulai persiapan melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2016/2017. Terutama terkait penerimaan untuk rombongan belajar (rombel = dulu kelas).

“Tahun ini SMAN 1 Solo membuka 11 rombel, baik jalur offline maupun online,” ungkap Kepala Sekolah SMAN 1 Solo Harminingsih Senin (9/5).

Untuk jalur Offline, menurut Harminingsih, diperuntukkan bagi calon siswa keluarga miskin (gakin) dan calon siswa yang berprestasi. Bagi calon siswa yang berprestasi olahraga, nilainya memenuhi untuk melewati passing grade.

Passing grade SMAN 1 Solo tahun lalu, nilai terendah tercatat 35. Tahun ajaran 2016/2017 ini memang belum bisa ditentukan, karena masih tergantung pada calon siswa yang yang mendaftar.

“Ya harapannya mendapatkan murid dengan kualitas yang bagus dan memiliki kualified,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Sekolah SMAN 3 Solo, Makmur Sugeng menyatakan, pada tahun ajaran 2016/2017 akan menerima siswa sebanyak 11 rombel. Kuota tersebut termasuk gakin sebanyak 20 persen.

Menurutnya, pendaftaran gakin akan dilakukan melalui jalur offline. Jalur offline juga dilakukan bagi calon siswa berprestasi. Tetapi khusus calon siswa berprestasi musti dilampiri rekomendasi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora).

Sedang untuk online, menurut Makmur, tetap menggunakan passing grade ujian nasional. Tahun lalu nilai terendah tercatat 35,05. Tahun ajaran 2016/2017 ditargetkan sebesar 35.50.

“Dengan mendapatkan bibit unggul, diharapkan mendapat siswa yang berkualitas,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge