0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siswa SMP Mulai UN, Bupati Iming-Imingi Hadiah

dok.timlo.net/red
(Ilustrasi) UN SMP (dok.timlo.net/red)

Karanganyar —  Sebanyak 12.303 siswa dari 105 sekolah SMP dan MTs di Karanganyar mengikuti ujian nasional (UN). Sementara 389 peserta mengikuti Ujian Kesetaraan Paket B yang berasal dari 13 kelompok belajar.

‘’Kami tetap konsisten memberikan hadiah Rp 25 juta bagi siapa yang menjadi juara provinsi, Rp 50 juta bagi siapa yang bisa juara nasional, dan Rp 2,5 juta bagi peraih nilai tertinggi kabupaten. Ini sekadar sebuah motivasi agar semua berusaha menjadi yang terbaik,’’ kata Bupati Karanganyar Juliyatmono Bupati Juliyatmono didampingi Kadis Dikpora Sutarno, Senin (9/5).

Sementara itu, Sutarno mengatakan, Karanganyar menempati urusan ke 17 se Jateng untuk hasil UN SMP tahun 2015. Namun demikian secara keseluruhan diakui masih belum bagus, baru di peringkat pertengahan dari 35 kabupaten/kota se Jateng.

“Masih memerlukan banyak sentuhan dan pembinaan kepada sekolah dan siswa, agar lebih giat belajar, kata Sutarno.

Dia mengatakan, salah satu yang dipacu adalah kompetensi guru sebagai tenaga pendidik. Sebab hasil uji kompetensi guru di Karanganyar, ternyata hasilnya masih di bawah rata-rata untuk tingkat Provinsi Jateng. Karena itu selain siswa, guru juga harus memacu diri agar menjadi lebih baik.

Sementara itu hasil ujian SMA/SMK di Karanganyar, seluruh siswa dinyatakan lulus. Untuk SMA dan MA, pesertanya 3.876 siswa semuanya dinyatakan lulus. Untuk SMK pesertanya 4.085 semuanya juga dinyatakan lulus. Ada dua siswa SMK yang tidak lulus namun keduanya tidak mengikuti UN karena mengundurkan diri sejak awal.

Untuk nilai ujian, Sutarno mengatakan ada 10 siswa mendapatkan nilai bulat 10 untuk mata pelajaran yang diujikan. Termasuk dua siswa mendapatkan nilai 10 untuk bidang matematika yang selama ini dianggap berat.

‘’Untuk peringkat se Jateng, kami belum mendapatkan laporan, namun tahun 2015 Karanganyar mendapatkan peringkat 20 se Jateng untuk hasil UN secara keseluruhan. Mudah-mudahan saja ada peningkatan tahun ini,’’ katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge