0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kalah Populer, Long Weekend Candi Sojiwan Sepi

timlo.net/aditya wijaya
Pengunjung Candi Sojiwan di Desa Kebondalem Kidul, Prambanan, Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Liburan panjang, Kamis-Minggu (5-8) tak mendongkrak kunjungan wisatawan di Candi Sojiwan. Padahal, bagi pengunjung yang hendak masuk ke dalam candi yang terletak di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Klaten ini tidak dipungut biaya.

“Memang ada peningkatan dibanding hari libur Minggu biasa, tapi liburan ini tergolong sepi,” kata petugas keamanan Candi Sojiwan, Sugiyo Minggu (8/5).

Menurut dia, Candi Sojiwan kalah populer ketimbang Candi Prambanan maupun Candi Plaosan. Selain itu, lokasi candi juga berada di tengah pemukiman warga.

“Long weekend ini rata-rata 70 pengunjung, itu termasuk pengunjung yang ikut paket wisata dari Candi Prambanan, Ratu Boko, Plaosan, dan sekitarnya. Kalau hari biasa sekitar 20 hingga 40 wisatawan, itu pun domestik,” terang Sugiyo.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Candi Sojiwan, Anang Susilo (22) mengaku, plesir bersama 50 anak rombongan Tempat Pendidikan Alquran dari Cangkringan, Kabupaten Sleman. Mereka datang untuk outbound.

“Kita rutinnya belajar di masjid kampung, kali ini anak-anak kita ajak belajar di luar ruangan. Refreshing sekaligus mengenalkan candi peninggalan nenek moyang kita,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge