0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peserta UN Dihimbau Tidak Tergoda Bocoran Kunci Jawaban

timlo.net/tarmuji
Pendistribusian naskah soal UNPBT (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri menghimbau agar semua peserta UN untuk tidak menggubris segala bentuk tawaran bocoran soal maupun kunci jawaban.

“Abaikan saja, bentuk naskah soal UN sudah dibuat beda sedemikian rupa, dan siswa didik nantinya tidak akan tahu bentuk soalnya seperti apa,” ungkap Kepala Disdik Wonogiri Siswanto melalui Sekretaris Disdik, Tunggal Widodo, Minggu (8/5).

Menurutnya, tahun ini, pelaksanaan UN dilakukan dengan dua cara, yakni dengan metode tulis atau UNPBT (Ujian Nasional Paper Based Test) dan menggunakan komputer atau UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Sedangkan jumlah pesertanya 14.420 pelajar SMP, MTs, SMPLB dan Paket B di Wonogiri. UN dilakasnakan mulai Senin(9/5) hingga Kamis (12/5).

“Untuk UNBT diikuti 13.929 siswa, jumlah sebanyak itu tersebar di 121 SMP, 23 MTs, tiga SMPLB, dan 10 Paket B. Sedangkan UNBK diikuti 491 siswa yang ada di dua sekolah, yakni SMP Negeri 1 Wonogiri dan SMP Negeri 2 Wonogiri,” jelasnya.

Sedangkan, untuk pelaksanaan UNPBT, pihaknya melibatkan 1.552 pengawas untuk menempati 776 ruang yang telah disediakan, dan pada pelaksanaan UNBK melibatkan lima pengawas karena memang hanya mengawasi lima ruang.

“Saat ini naskah UNPBT sudah disimpan di masing- masing rayon,” katanya.

Ditambahkan, pelaksanaan UN paket B, terbagi di sembilan tempat. Diantaranya SKB Wonogiri, SD Negeri Selopukang, Wonogiri, SD Negeri Watangrejo, Pracimantoro, SD Negeri Glinggang, Pracimantoro, SD Negeri Gendayaan Paranggupito, SD Sendang Sari, Batuwarno, SD Purwoharjo, Karang Tengah, SD Mojopuro, Jatiroto dan Ponpes Al Ibanah, Purwantoro.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge