0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KAI Masih Mengkaji Kereta Rute Bandara-Stasiun

General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Abdullah Usman (foto: Setyo)

Solo – PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adi Soemarmo bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) lakukan kajian terkait pembukaan rute baru yang menghubungkan antara stasiun dan bandara. Dengan adanya rute baru tersebut diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat.

“Saat ini rencana tersebut masih dalam tahap pembahasan. Karena ada dua alternatif jalan yang jadi pertimbangan, bisa melalui stasiun Purwosari ataupun Solo Balapan,” ujar General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Abdullah Usman kepada wartawan, Sabtu (7/5).

Namun demikian, dari dua alternatif jalan yang diajukan tersebut dirinya lebih cenderung sepakat jika rute itu nanti melalui Stasiun Solo Balapan. Alasannya karena untuk pembebasan jalan lebih mudah dan tidak beresiko.

“Kalau melalui Stasiun Purwosari memang lebih dekat, tapi jika rute itu yang dibangun akan memakan banyak rumah, sehingga resikonya lebih tinggi terkait pembebasan lahannya,” jelas dia.

Jika sesuai rencana, Abdullah menyampaikan pembangunan rute baru itu nanti akan membutuhkan waktu sekitar dua tahun. Dengan adanya rute tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses moda transportasi darat maupun udara.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI (Persero) Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto dalam kesempatan yang sama menerangkan, dengan adanya rute ini rencananya tidak hanya menghubungkan antara stasiun di Solo dengan Bandara Adi Sumarmo, tapi juga mengintegrasikan dengan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta.

“Sehingga jika rute baru ini bisa terealisasi, secara otomatis akan juga menghubungkan dengan bandara yang ada di Yogyakarta,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge