0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Endang Maria Menolak Hukuman Kebiri

foto: Tarmuji
Endang Maria Astuti (foto: Tarmuji)

Wonogiri – Wacana pemberian hukuman kebiri bagi pelaku kekerasan seksual masih menjadi pro-kontra. Anggota Komisi VIII DPR RI, Endang Maria Astuti menolak wacana tersebut.Hukuman kebiri dianggap tidak manusiawi dan tidak menyelesaikan masalah, malah bisa menimbulkan masalah baru.

“Saya tidak setuju. Dan hukuman kebiri ini harus dikaji dulu, bagaimana dampaknya bagi pelaku maupun anak dan perempuan yang menjadi korbannya,” ungkap Endang Maria Astuti, Sabtu(7/5).

“Hukuman kebiri ini kan hanya mematahkan nafsu syahwatnya saja, namun pola pikirnya nanti yang akan lebih ngeri. Bisa para pelaku kejahatan seksual ini akan balas dendam,” terangnya.

Dari sisi agama, hukuman kebiri pun tidak dianjurkan, karena tidak manusiawi. Dia pun menyakini, jika dikebiri pelaku bukannya sadar namun bisa saja mereka akan berperilaku lebih sadis lagi.

Legislator PG itu pun mengusulkan, untuk lebih mengoptimalkan jaminan perlindungan anak dan perempuan dengan melakukan revisi undang- undang yang selama ini, ia nilai ada celah- celah yang masih lemah.

“Wong ngebiri hewan di dalam agama itu saja dilarang, apa lagi manusia,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge