0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Luca Toni Gantung Sepatu

Luca Toni (ist)

Timlo.net — Berakhir sudah perjalanan karier pesepakbola Italia, Luca Toni. Pemain berusia 38 tahun ini resmi memutuskan gantung sepatu alias pensiun dari lapangan hijau. Laga akhir pekan ini melawan juara bertahan Juventus, menjadi laga perpisahan bagi Luca Toni sebagai pesepakbola yang cukup sukses di negeri Pizza.

Memulai karier profesionalnya di Modena, Toni sudah malang melintang di berbagai klub. Verona adalah klub ke-16 dalam perjalanan karier pemain jangkung ini. Vicenza, Brescia, Palermo, Fioren Juventus, Roma hingga Bayern Muenchen pernah disinggahi oleh pemain berjuluk Tonigol ini.

Memperkuat Bayern Munich adalah salah satu titik puncaknya di level klub. Dia mencetak 58 gol dan 25 assist dalam 89 penampilan, meraih dua gelar Liga Jerman dan sepasang trofi DFB-Pokal. Toni juga merupakan salah satu bagian tim Italia yang memenangi Piala Dunia 2006 di Jerman.

Total dia punya 47 caps bersama Gli Azzurri dan mencetak 16 gol. Musim lalu, Toni masih sempat menjadi capocanoniere alias top skor Serie A dengan 22 gol dalam 38 laga, bersama penyerang Inter Milan Mauro Icardi.

“Setelah beberapa waktu berpikir dan bertahun-tahun bermain sepakbola, saya telah memutuskan bahwa Minggu nanti akan menjadi laga terakhir saya sebagai seorang pemain profesional,” ucap Toni dikutip dari Football Italia.

Musim ini Toni agak kesulitan dan baru mencetak lima gol dalam 15 penampilan di liga. Verona juga sudah dipastikan terdegradasi ke Serie B sebagai tim paling bawah di klasemen.

“Ini adalah keputusan yang sulit dan menyakitkan. Tapi saya sudah mencapai akhir masa bermain. Saya sudah memikirkannya untuk beberapa pekan, bukan pekan-pekan yang mudah. Di Bentegodi melawan Juventus akan menjadi pertandingan terakhir saya,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge