0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diduga Kelebihan Muatan, Kapal Rombongan Pengantin Tenggelam

merdeka.com
Ilustrasi Kapal Tenggelam (merdeka.com)

Timlo.net — Insiden kecelakaan kapal laut terjadi di perairan laut di kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Kamis (5/5). Kapal yang membawa rombongan pengantin tersebut tenggelam. Informasi sementara, 14 penumpang selamat, tiga tewas, dan belasan penumpang dalam pencarian.

“Informasi ini kami dapatkan dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kaltim,” kata Kasi Operasional Basarnas Kantor SAR Balikpapan, Mujiono, Kamis (5/5) malam.

Kejadian bermula ketika kapal berangkat dari Pelabuhan Lori, Kabupaten Paser, menuju Tanjung Aru. Rencananya rombongan penumpang akan mengikuti prosesi akad nikah, Jumat (6/5).

Belum diketahui secara pasti berapa jumlah penumpang dalam kapal tersebut. Menurut Mujiono, tim Basarnas sudah diterjunkan ke lokasi.

“Informasi jumlah penumpang sebenarnya masih simpang siur. Ada menyebutkan 30 orang, ada menyebutkan 40 orang penumpang. Ada penumpang yang tidak terdata,” tambahnya.

Pihaknya belum mendapatkan kronologis detail atas peristiwa ini. Yang pasti, pencarian korban masih terus dilakukan.

Secara terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser, Chandra Iwanadhi mengatakan, kabar peristiwa nahas itu diterima BPBD Paser sekitar pukul 18.00 WITA petang tadi. Diperkirakan kejadian berlangsung sekitar pukul 17.00 WITA.

“Itu kapal kayu rombongan pengantin ke Tanjung Aru. Dugaan sementara karena cuaca buruk. Dugaan lainnya, juga kapal kelebihan muatan,” kata Chandra, Kamis (5/5) malam.

Chandra menerangkan, belum diketahui secara pasti berapa jumlah penumpang dalam kapal tersebut.

“Info awal kita dapatkan 33 penumpang ditemukan, enam meninggal. Beberapa saat kemudian, korban selamat 36, diantaranya 3 meninggal. Masih simpang siur, nanti akan lebih dipastikan,” tutur Chandra.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge