0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Maret 2016, Jumlah Wisman Meningkat 6,12 Persen

timlo.net/setyo pujis
Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang melalui Bandara Internasional Adi Sumarmo pada Maret 2016 mengalami peningkatan 6,12 persen. Wisman paling banyak berasal dari warga negara Malaysia.

“Jumlah wisman yang datang selama Maret mencapai 642 orang. Angka tersebut meningkat jika dibanding bulan sebelumnya yang hanya 605 orang,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Kamis (5/5).

Namun jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menurut dia jumlah wisman tersebut justru turun sekitar 7,89 persen. Tingginya jumlah wisman yang datang karena dipengaruhi beberapa hal, diantaranya adalah pemberlakukan MEA dan banyaknya even Kota Solo yang digelar.

“Dari total wisman yang datang, paling tinggi berasal dari warga negara Malaysia yaitu 499 orang, disusul Thailand 19 orang dan Amerika Serikat sekitar sembilan orang,” terangnya.

Ditegaskan Bagus, data tersebut berdasarkan survei yang dilakukan BPS melalui Bandara Internasional Adi Sumarmo. Sehingga jika ditotal dengan wisman yang masuk melalui jalur darat, tidak kemungkinan totalnya akan jauh lebih banyak.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge