0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Libur Panjang, Siswa SMP Jualan Telur Uap Belerang

foto: Putra
Kwali untuk merebus telur di kawah Sikidang (foto: Putra)

Banjarnegara – Libur panjang menjadikan tempat-tempat wisata seperti di Kawah Sikidang, Dataran Tinggi Dieng ramai dikunjungi wisatawan. Kesempatan ini menjadi berkah tersendiri bagi penjual telur yang direbus di atas uap belerang panas dari dalam kawah, Ahmad (14) siswa SMP N Kejajar, Banjarnegara.

“Sudah dua tahun saya menjual telur rebus ini di sini, biasanya hanya Sabtu dan Minggu saja waktu pengunjung banyak. Uang hasil menjual telur saya gunakan untk menambah uang saku dan untuk jajan,” kata penjual telur rebus, Ahmad, Minggu (1/5).

Setiap musim liburan, Ahmad dan puluhan orang warga Desa Dieng Wetan dan sekitarnya untuk berjualan aneka macam souvenir dan makanan khas Dieng. Jalan masuk sepanjang obyek wisata dipenuhi lapak pedagang yang menawarkan dagangannya, mulai dari makanan tradisional, belerang, masker hingga telur yang direbus di atas kawah.

Pendapatan Ahmad dari berjualan telur rebus di tengah kompleks Kawah yang masih mengeluarkan bau belerang ini tidaklah pasti. Kadang dalam sehari habis lima kilogram telur, namun kadang juga hanya satu atau dua kilogram saja, dengan harga jual per butir Rp 5.000.

“Tidak pasti pendapatannya, tapi cukuplah untuk menambah uang jajan sendiri. Kadang ada yang membeli dalam jumlah banyak, tapi ada juga yang hanya minta foto saja,” ungkap siswa SMP berusia 14 tahun ini.

Menurut Ahmad, telur hasil rebusan dari uap belerang mempunyai kelebihan tersendiri daripada direbus dengan air biasa. Telur yang direbus di dalam kwali dan dipasang di atas uap belerang dari sekitar kawah selama lima menit hasilnya lebih pulen dan tidak berbau belerang.

Selain aneka ragam makanan tradisional khas Dieng, pemandangan alam di kawasan kawah juga menjadi obyek selfie yang paling diminati pengunjung. Hampir seluruh pengunjung bergantian selfie di dekat kawah besar yang masih mengeluarkan asap tebal dan bau belerang menyengat.

“Semua spot di sini sangat menarik untuk digunakan sebagai obyek selfie, ada kawah besar, pamandangan alam pengunungan yang sejuk dan hamparan kawah yang mirip bekas UFO mendarat,” kata salah satu pengunjung dari Sukoharjo, Ari Sunaryo.

Tiket masuk obyek wisata alam Kawah Sikidang ini hanya Rp 10 ribu per orang, dan bisa menikmati pemandangan alam kawah dan sejumlah candi di kawasan Pegunungan Dieng. Namun untuk masuk ke obyek wisata ini, pengunjung harus berhati-hati agar tidak salah beli tiket obyek wisata.

Hal ini dikarenakan di pintu masuk kawasan Pegungan Dieng, terdapat loket penjual tiket untuk satu obyek wisata di Kabupaten Wonosobo. Dan tiket ini hanya untuk masuk ke Plateau Theater dan Batu Pandang, tidak berlaku untuk Kawah Sikidang di Kabupaten Banjarnegara maupun Telaga Warna.

“Sejak awal harus mengatakan akan ke mana tujuannya, karena kawasan wisata Dieng banyak sekali obyek wisatanya, dan berada di dua kabupaten sehingga beda pengelolaannya,” tandas salah satu warga sekitar obyek wisata.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge