0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Long Weekend, Puncak Kemacetan Diprediksi Sabtu

foto: Aditya
Arus lalu lintas di jalan Pemuda depan kompleks Pemkab Klaten, menuju simpang empat RSUP DR Soeradji Tirtonegoro Tegalyoso (foto: Aditya)

Klaten – Sebanyak dua kamera CCTV yang ada di Klaten Traffic Management Center (KTMC) Polres Klaten dimaksimalkan untuk memantau arus lalu lintas pada libur panjang Kamis-Minggu (5-8/5). Selain itu, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Klaten juga menerjunkan personelnya di titik-titik rawan kemacetan.

“Antisipasi di titik-titik simpul kemacetan sudah kita gelar anggota untuk berjaga. Selain itu petugas KTMC juga memelototi CCTV yang ada di simpang empat Bendogantungan, Klaten Selatan, dan Karangwuni-Ceper,” ujar Kaur Bin Ops Satlantas Polres Klaten, Iptu Rizky Widyo Pratomo, Kamis (5/5).

Meski ada peningkatan volume kendaraan, menurut dia, arus lalu lintas di sepanjang jalan Yogya-Solo terpantau ramai lancar. Ia memprediksi, puncak keramaian akan terjadi pada Sabtu (7/5) mendatang di sejumlah lokasi wisata seperti Candi Prambanan.

“Prediksi puncak hari Sabtu. Karena perkiraan estimasi di Jakarta, dari Tol Cikampek-Cipali itu belum kesini semua. Berangkat Rabu (4/5) malam, puncak Jumat-Sabtu, sedangkan arus balik diperkirakan Minggu (8/5) pagi,” jelas Iptu Rizky.

Berdasarkan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, diterangkan, titik-titik kepadatan kendaraan di Klaten umumnya terjadi di lampu merah dan perlintasan kereta api. Kemacetan ditimbulkan oleh antrian kendaraan.

“Meski tadi pagi masih ada pengerjaan jalan, kami sudah minta ke DPU untuk stop pengerjaan jalan, dikebut kemarin. Seperti di lampu merah depan Masjid Agung Jonggrangan, alat berat sudah dikeluarkan dari ruas jalan. Selain itu, kami juga menghimbau pengemudi agar bersabar, enggak usah ugal-ugalan, dan berhati-hati. Karena ini liburan, di jalanan Yogja dan Solo juga macet, enggak hanya di Klaten,” terang Iptu Rizky.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge