0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tirtonadi Tampung Ribuan Motor Pemudik

Terminal Tirtonadi Solo (dok.timlo.net/red)

Solo – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo tengah mempersiapkan kedatangan sekitar 1.800 motor pemudik asal Jawa Tengah (Jateng) dalam mudik lebaran mendatang. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kendaraan milik pemudik tersebut rencananya akan ditampung di Kawasan Terminal Tirtonadi.

“Kalau tahun kemarin, gak perlu mengkonsep jauh-jauh hari. Karena saat ini di Kantor Dishubkominfo Solo sedang dilakukan pembangunan gedung sisi barat, maka rencananya kendaraan pemudik akan diletakkan di Terminal Tirtonadi,” jelas Kabid Lalu Dishubkominfo Kota Solo, Sri Baskoro, Kamis (5/5).

Terkait teknis di lapangan, kata Baskoro tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yakni, kendaraan para pemudik yang mendaftar mudik gratis dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) akan dikirimkan lebih dahulu H-5 sebelum lebaran tiba. Nantinya, pemilik kendaraan diangkut terpisah dengan menggunakan bus yang telah disediakan.

“Kendaraan akan diangkut menggunakan truk terlebih dahulu, setelah tiba nanti pemudik dapat mengambil kendaraan sesuai dengan STNK yang mereka miliki,” jelas Baskoro.

Upaya tersebut, lanjutnya dilakukan untuk menekan angka kecelakaan saat musim lebaran. Mengingat, angka kecelakaan saat mudik lebaran banyak didominasi kendaraan roda dua.

Namun, biasanya jumlah kendaraan yang kembali (arus balik) akan berkurang tidak seperti saat datang. Berdasarkan catatan tahun kemarin, hannya sebagian kendaraan yang kembali diangkut. Sebagianya lagi, memilih untuk dikendarai meski menempuh resiko yang sangat tinggi.

“Jadi banyak yang memilih pakai motor saat arus balik tahun kemarin,” ujar Baskoro.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge