0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sejumlah Aliran Kepercayaan Diawasi

timlo.net/tarmuji
Kajari Wonogiri Tri Ari Mulyanto (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Sejumlah aliran kepercayaan yang ada di Wonogiri dalam pengawasan pemerintah. Bahkan dalam waktu dekat ini, akan dilakukan pembinaan.

“Di Wonogiri ini ada lima aliran kepercayaan yang saat ini di awasi oleh Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan dalam Masyarakat (Pakem – Red),” ungkap Kajari Wonogiri, Tri Ari Mulyanto, Rabu (4/5).

Lima aliran kepercayaan tersebut, menurutnya tidak terindikasi radikal dan sesat. Bahkan, keberadaan aliran kepercayaan ini pun sudah lama di Wonogiri.

“Kejaksaan sendiri selaku leading sektor Pakem, dan bersama Kemenag, Disbudparpora, Kesbangpol, Kepolisian dan TNI tengah melakukan koordinasi pengawasan terhadap agama dan kepercayaan di Wonogiri. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama,” ujarnya.

Kepala Kesbangpol Wonogiri Sulardi mengatakan bahwa lima aliran kepercayaan itu telah ada dimasyarakat sejak lama. Bahkan, sebelum agama masuk ke Indonesia, aliran kepercayaan itu telah ada. Rencananya, aliran kepercayaan tersebut akan diarahkan agar tidak mengganggu kepercayaan lain atau agama lain.

“Lima aliran di Wonogiri yakni Pangestu Semara, Sapto Dharmo, Kepribaden, Hardo Busoro, untuk jumlah pengikutnya kita belum dapat mendeteksi,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge