0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sering Dipakai Mangkal PSK, Kios Depan Stasiun Balapan Dibongkar

timlo.net/ichsan rosyid
Kios di jalan Selayar dibongkar Satpol PP (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Sebanyak sembilan kios Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Selayar, Kestalan, depan Stasiun Balapan ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Solo, Rabu (4/5). Para PKL hanya bisa menonton petugas berseragam coklat itu membongkar kios mereka tanpa perlawanan.

“Mau bagaimana lagi? Melawan juga tidak mungkin,” kata salah satu PKL, Giyarno.

Pembongkaran dimulai pukul 09.00 WIB. Belasan petugas linmas Kelurahan Kestalan dan Satpol PP memereteli kios-kios semi permanen di jalan yang sempit itu. Penertiban tersebut sebelumnya sudah disosialisasikan kepada para PKL melalui lurah setempat. Namun PKL tetap saja nekat berjualan.

Anggota Bidang Penegakan Perda Satpol PP, Wisnu Wardhana menerangkan pembongkaran tersebut didasarkan atas laporan warga sekitar yang terganggu dengan aktifitas para PKL. Selain itu, kios-kios tersebut juga sering menjadi tempat mangkal Pekerja Seks Komersial (PSK) sehingga meresahkan warga.

“Warga mengeluhkan di situ jadi kotor kalau dipakai jualan. Tapi yang menjadi keluhan utama warga justru karena sering dipakai mangkal PSK,” kata dia.

Tidak semua kios dibongkar pada pagi itu. Masih ada tiga kios yang belum tersentuh lantaran pemilik kios mengaku tidak tahu adanya penertiban. Kepada pemilik kios, Satpol PP memberikan waktu tiga hari untuk menertibkan diri.

“Kalau setelah tiga hari masih berjualan, ya akan kita bantu membongkar,” kata Wisnu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge