0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bupati Sukoharjo Ancam Tarik Bantuan Alsintan

dok.timlo.net/putra kurniawan
Bupati Sukoharjo dan Dandim Sukoharjo mengoperasikan Alsintan bantuan untuk petani (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Kelompok Tani Karangsari, Desa Sidorejo, Kecamatan Nguter, Sukoharjo menerima bantuan sejumlah alat mesin pertanian (Alsintan) dari Pemerintah Pusat. Namun bantuan ini sewaktu-waktu bisa diambil kembali jika ternyata disalahgunakan tidak untuk meningkatkan hasil panen.

“Alat pertanian ini saya harapkan digunakan semaksimal mungkin agar hasil panen meningkat dan jangan sampai disalahgunakan seperti disewakan kepada pihak lain. Jika disalahgunakan ditarik dan dikembalikan kepemerintah saja,” kata Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Rabu (4/5).

Alsintan bantuan dari Pemerintah Pusat yang diberikan kepada petani adalah traktor, pompa air, mesin tanam (rice transplanter) dan mesin panen (combine harvester). Semua alsintan yang mestinya sudah diberikan sejak tahun 2015 ini berjumlah total 20 unit untuk beberapa Gapoktan di Sukoharjo.

Diharapkan dengan bantuan alat mesin pertanian modern ini dapat meningkatkan hasl panen petani di Sukoharjo yang selama ini menjadi salah satu lumbung padi Provinsi Jawa Tengah. Sehingga, dalam pemanfaatannya, bupati meminta pihak Kodim 0726/Sukoharjo melakukan pendampingan dan pengawasan.

“Kita sudah surplus beras di tahun 2015 saya ucapkan terimaksih kepada petani, dan untuk tahun 2016 ini kita harapkan mendekati stok 400 ribu ton beras. Untuk itu, saya mohon kepada Kodim untuk membantu pengawasan pemanfaatan bantuan ini,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge