0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa Tuntut Pemerintah Cabut UU Pendidikan

Mahasiswa aksi damai di depan Kantor DPRD Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Sukoharjo, Rabu (4/5). Mereka menuntut pemerintah mencabut Undang-Undang (UU) No 12 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Aksi kali ini kita mengangkat isu nasional, dan semua cabang LMND di seluruh Indonesia sama tentang pendidikan dan buruh. Kita menuntut pemerintah mencabut UU no 12/2003 dan UU no 12/2012 tentang Sistem Pendidikan,” kata Ketua LMND Sukoharjo, Muhammad Ridwan.

Sistem pendidikan di Indonesia saat ini dinilai sangat liberal dan berorientasi pasar, sehingga para mahasiswa ini mendesak pemerintah untuk segera mencabut UU yang mengaturnya. Pendidikan dinilai sebatas komoditas dan tidak lagi menjadi upaya membangun kepribadian dan kemandirian bangsa.

Dalam aksinya, mahasiswa juga melakukan taetrikal yang menceritakan bagaimana nasib pelajar dan mahasiswa yang tidak mampu dalam menempuh pendidikan. Tingginya biaya pendidkan, baik di tingakat sekolah maupun perguruan tinggi masih sangat dirasakan masyarakat.

“Kita menolak sistem pendidikan terintegrasi ASEAN dan menuntut kepada pemerintah untuk membangun industri nasional yang berlandaskan pada pasal 33 UUD 1945,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge