0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Kesaksian Bimbim Slank Bisa Lepas dari Jerat Narkoba

dok.timlo.net/heru murdhani
Bimbim Slank tampil dalam Seminar Nasional Anti Narkoba di Unisri (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Bimo Setyawan Almachzumi alias Bimbim Slank berbagi pengalamannya saat terjebak dalam kelamnya pengguna Narkoba, di Gedung Rektorat Universitas Slamet Riyadi Solo (Unisri), Rabu (4/5). Bimbim hadir sebagai pembicara Seminar Nasional Anti Narkoba.

“Kalau saya dulu, sekitar 10 hari ngerasa sakitnya ketagihan Narkoba, dan itu memang sakit banget,” ungkap drumer grup band Slank ini.

Bimbim menceritakan untuk lepas dari jerat Narkoba memang tidak mudah. Terlebih jika telah menggunakan Narkoba selama bertahun-tahun.

Berdasarkan pengalamannya, selama dua tahun dirinya baru bisa bebas dan tak menyentuh Narkoba lagi. Selama dua tahun itu bukannya tanpa halangan, perjuangan yang berat ditempuh pria kelahiran Jakarta 1966 ini.

“Waktu kita pakai, penyakit gak ada yang terasa. Tapi saat kita berhenti pakai, baru semua kerasa. Paru-paru sakit, lever sakit, semua sakit.” ujarnya.

Bimbim juga menceritakan bahwa dalam pengguna Narkoba yang berniat sembuh, harus dilakukan pendampingan oleh keluarga terdekat. Hal ini selain untuk memberikan dorongan semangat kepada mantan pengguna, juga untuk melindungi mantan pengguna dari dorongan dalam dirinya untuk mengkonsumsi barang haram itu lagi.

“Sebaiknya memang didampingi, dan jangan dilepas, support moral sangat penting bagi mereka.” tukas Bimbim.

Selain pendampingan, Bimbim menyarankan bagi mantan pengguna Narkoba dalam tahap rehabilitasi tidak memegang uang tunai, atau barang berharga lain.

“Bukan karena gak percaya, tapi lebih untuk berjaga-jaga agar duit itu gak lari jadi Narkoba,” katanya.

Menurut dia, pengenalan keagamaan juga berperan penting dalam proses penyembuhan mantan pengguna Narkoba.

“Ya di-baik-baikin aja, dan dibawa inget lagi sama Tuhan,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge