0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Google Doodle Rayakan Ulang Tahun ke-100 Jane Jacobs

Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk
Jane Jacobs. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk)

Timlo.net— Google merayakan hari ulang tahun ke-100 penulis dan aktivis Jane Jacobs dengan salah satu doodle ikonik mereka. Lahir dengan nama Jane Butzner pada 1916, Jacobs menjadi salah satu ahli dalam perencanaan kota yang paling terkenal di abad ke-20. Padahal Jane tidak memiliki gelar pendidikan di bidang ini.

Jane mulai dikenal masyarakat setelah menjadi jurnalis arsitektur pada 1950an dan 1960an. Sebelumnya dia sukses memimpin kampanye untuk mencegah pembangunan jalan tol di tengah Greenwich Village.

Jacobs menjadi tokoh kunci dalam gerakan urbanisme baru, yang mendorong penciptaan lingkungan berdasarkan kebutuhan komunitas. Bukunya “The Death and Life of Great American Cities” menjadi salah satu buku paling berpengaruh yang membahas tentang perencanaan kota, termasuk memperkenalkan konsep “eyes on the street”.

Dia menyatakan jika tempat umum hanya akan aman dan ramai jika bisa dilihat oleh penduduk lokal dan sering digunakan. “Harus ada mata yang mengawasi jalan. Bangunan di sebuah jalan yang dibangun untuk keamanan orang asing dan penduduk harus berorientasi ke jalan,” tulisnya.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge