0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Tips Agar Anak Gemar Membaca

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Menanamkan minat baca pada anak bukan hal yang sepele. Untungnya, tugas penting tersebut bisa dilakukan dengan cara yang relatif mudah dan murah selama hal itu dilakukan sejak dini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan memberikan tips untuk orang tua agar anak gemar membaca.

“Pergi ke perpustakaan, pinjam buku yang kira-kira diminati anak. Letakkan saja di meja. Anak akan dengan sendirinya membuka-buka buku itu,” sarannya dalam talk show pembukaan Solo Book Fair 2016 di Beteng Vastenburg, Selasa (4/5).

Menurutnya, setiap orang terlahir dengan rasa ingin tahu yang besar. Sifat bawaan tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan anak gemar membaca. Orang tua atau guru hanya perlu memfasilitasi anak untuk memenuhi rasa ingin tahunya dengan buku.

Catatan lain yang perlu diperhatikan orang tua adalah jangan memaksakan keinginan mereka kepada anak. Sebaliknya, anak akan lebih terpacu untuk membaca bila buku yang tersedia sesuai dengan kesenangan mereka. Selain itu ia juga menyarankan orang tua agar tidak terlalu membatasi jenis buku yang dibaca anak.

“Tanyakan ke mereka apa yang mereka sukai. Misalnya anak hobi olahraga, sediakan buku tentang olah raga. Atau jenis apa pun, novel, fashion dan lain sebagainya. Jangan hanya menuntut anak membaca buku pelajaran,” terangnya.

Kendati demikian, ia juga mengingatkan orang tua untuk memberi contoh kepada anak. Pasalnya, anak akan cenderung meniru orang tua. Bahkan bila perlu, orang tua meluangkan waktu untuk mengupas bersama anak tentang buku yang sedang dibaca.

“Kalau orang tua membaca, anak pasti juga akan suka membaca,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge