0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspadai Permainan Harga, Disperindag Terus Lakukan Monitoring

elpiji 3 kilogram (merdeka.com)

Solo – Jelang Ramadan yang jatuh Bulan Juni mendatang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Solo mulai melakukan pemantauan harga keseluruh pasar. Upaya ini dilakukan supaya tidak terjadi lonjakan harga kebutuhan pokok saat Ramadan tiba.

“Tim kami telah melakukan antisipasi supaya tak terjadi lonjakan harga pada bulan suci Ramadan,” kata Kepala Disperindag Solo, Triyana, Selasa (3/5).

Langkah antisipasi yang dilakukan, kata Triyana, adalah dengan melakukan monitoring ke sejumlah pasar di Kota Solo. Langkah yang dilakukan bersama tim gabungan dari Dinas Pengelolaan Pasar (DPP), SKK Migas dan aparat kepolisian ini dinilai cukup ampuh dalam mengantisipasi lonjakan harga. Mulai dari Sembilan bahan pokok hingga tabung gas ukuran 3 kilogram. Disperindag Kota Solo sangat paham terkait tanda-tanda kenaikan bahan pokok sebelum puasa.

“Jadi, sebelum naik kita antisipasi terlebih dahulu,” jelas Triyana.

Disisi lain, pihaknya juga mendatangi secara langsung distributor barang kebutuhan pokok. Jika terjadi pelonjakan harga semisal pada bawang merah maka mereka akan mendatangi distributor dikawasan Brebes dan menanyakan stok di kawasan Solo.

“Kalau perlu dengan penandatangan MOU dengan mereka, sehingga tidak main-main,” tandas Triyana.

Sementara, Ketua Komisi II DPRD Solo, Honda Hendarto mengatakan supaya Disperindag lebih memperketat lagi pengawasan harga pokok. Bagaimanapun juga yang terkena dampak dari kenaikan harga adalah masyarakat.

“Itu sudah menjadi tugas mereka (Disperindag-red),” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge