0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembangunan Pasar Klewer Sisa Rp 13 Miliar

Kepala Dinas Pengelola Pasar Kota Solo, Subagyo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Setelah melalui tahapan lelang yang panjang, akhirnya PT Adhi Karya keluar sebagai pemenang proyek lanjutan Pasar Klewer dengan nilai penawaran jauh dibawah pagu. Sedianya, pagu yang dipatok untuk proyek lanjutan pasar tersebut senilai Rp 95 Miliar. Namun, PT Adhi Karya yang menyingkirkan dua saingan terberat yakni PT Wijaya Karya dan PT Hutama Karya menawarkan nilai pembangunan sebesar Rp 81.857.826.000.

“Ini artinya, masih ada sisa pagu sekitar Rp 13 Miliar,” kata Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP), Subagyo, Selasa (3/5).

Dengan adanya sisa pagu yang sangat besar ini, pihaknya berencana akan mengajukan ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) supaya sisa dana tersebut dapat digunakan untuk pengadaan sarana prasarana pelengkap atau fasilitas yang dinilai kurang.

“Nanti kamu laporkan dulu (ke Kemendag-red), apakah bisa dimanfaatkan untuk penambahan fasilitas Pasar Klewer,” kata Subagyo.

Disinggung penambahan fasilitas dan sarana prasarana yang dimaksud, pihaknya ingin melengkapi Pasar Klewer dengan penggunaan lift barang dan pengunjung. Sebenarnya sesuai Detail Engineering Design(DED) pada awal pembangunan kedua fasilitas tersebut sudah ada, namun dihilangkan saat Kemendag mengurangi pagu anggaran dari sekitar Rp 100 Miliar menjadi Rp 95 Miliar. Sehingga jika saat ini terdapat sisa pagu akan diajukan kembali untuk pembangunan sarana tersebut.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Surakarta, Honda Hendarto mengatakan, lamanya waktu pembangunan Pasar Klewer lantaran menunggu kucuran dana dari Kemendag. Pihaknya berharap dalam waktu dekat ini Kemendag dapat member jaminan terkait penambahan fasilitas lift barang dan pengunjung yang akan ditambahkan tersebut.

“Kami mendukung usulan penambahan fasilitas tersebut, karena ini merupakan fasilitas yang sangat mendasar,” jelas Honda.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge