0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bendera Raksasa Berkibar di Perbatasan

Bendera raksasa dikibarkan di Papua (merdeka.com)

Timlo.net – Bendera raksasa dikibarkan dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Bendera berukuran 15×25 m tersebut dikibarkan Batalyon Infanteri Mekanis 411/Pandawa Kostrad di Mercusuar perbatasan RI-PNG Skouw, Distrik Muara Tami, Jayapura.

Selain hardiknas, upacara itu juga sebagai peringatan bersatunya Papua ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pengibaran Bendera Raksasa dengan menggunakan tiang menara mercusuar bukan pertama kali di Indonesia karena sudah juga di kibarkan di mercusuar di provinsi Nangroe Aceh Darussalam sebagai batas barat dari wilayah NKRI sedangkan pemilihan menara mercusuar Skouw sebagai tempat pengibaran bendera merah putih raksasa ini karena letaknya berada di ujung timur wilayah NKRI,” kata Dansatgas Letkol Inf Nandang Dimyati, Selasa (3/5).

Upacara pengibaran bendera ini dipimpin Kepala Distrik Muara Tami Supriyanto dan dihadiri unsur Muspika Muara Tami, Kapolsek Muara Tami, Danramil Muara Tami, Kepala PLBN Skouw, kepala Navigasi kelas II Jayapura. Peserta upacara diikuti oleh 1 SST dari polsek Muara Tami, 1 SST dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 411/Pandawa Kostrad, dan seratus siswa siswi SD SMU dari wilayah Muara Tami.

Kegiatan ini atas prakarsa Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 411/Pandawa Kostrad bersama Pertamina MOR VIII Maluku-Papua. Di samping itu kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan kepada siswa siswi peserta upacara tentang bela negara dan wawasan kebangsaan di aula PLBN Skouw agar mereka lebih mengerti dan mencintai NKRI.

[tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge