0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Empat WNI Masih Disandera, Pemerintah Diminta Aktif Melobi

merdeka.com
10 WNI yang dibebaskan Abu Sayyaf (merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah berupaya membebaskan 4 warga negara Indonesia (WNI) yang masih ditawan kelompok Abu Sayyaf. Proses lobi dua pihak antara pemerintah RI dengan pemberontak Abu Sayyaf masih terus berlangsung.

“Fokusnya, bagaimana yang empat lagi (bisa dibebaskan). Harus melalui satu lobi negosiasi yang sama. Sebab kita tidak bisa pakai intervensi polisi dan militer,” ujar Wakil ketua DPR RI Fadli Zon, Senin (2/5).

Fadli mengapresiasi upaya pembebasan 10 WNI tawanan Abu Sayyaf. Keberhasilan ini tidak lepas dari segala bentuk diplomasi yang dilakukan pemerintah.

Sebab tidak bisa hanya menggunakan pendekatan kekuatan senjata mengingat kelompok Abu Sayyaf terkenal kuat dalam perlawanannya menghadapi tentara Filipina.

“Saya yakin pemerintah juga ikut menjalankan proses diplomasi. Tapi kalau masalah Abu Sayyaf dan medan di Mindanau, pemerintah Filipina sendiri sudah puluhan tahun tidak bisa menaklukkan kelompok Abu Sayyaf itu,” kata Fadli.

“Kelompok Abu Sayyaf sangat kuat di situ. Juga sudah banyak memakan korban tentara Filipina. Jadi tentara Filipina sendiri kalau mau melakukan intervensi memang tidak mudah,” ucapnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge