0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Garuda Tambah Frekuensi Terbang ke 10 Destinasi Pariwisata

Garuda Indonesia (merdeka.com)

Timlo.net – Maskapai Garuda Indonesia mendatangkan empat pesawat jenis ATR untuk menjangkau 10 Top Destinasi Pariwisata Prioritas. Sejumlah rute penerbangan baru disasar, seperti Morotai, Maluku Utara.

Selain itu, maskapai itu juga tengah mempertimbangkan menambah frekuensi penerbangan untuk destinasi lain seperti Wakatobi dan Labuan Bajo.

Dengan pesawat baru nanti, pulau-pulau indah yang berada di sekitar 10 top destinasi itu bisa diterbangi.

“Sekaligus menghidupkan ekonomi dan pariwisata kawasan tersebut,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Arif Wibowo, kemarin.

Jalur Danau Toba melalui Bandara Silangit, kata Arief Wibowo juga akan diganti dengan pesawat baru yang lebih besar daya tampungnya. Pertumbuhan arus wisatawan menuju Danau Toba melalui Silangit cukup signifikan.

“Sekaligus, kami menunggu perpanjangan bandara,” ujar dia.

Bandara yang tinggi seperti itu membutuhkan landasan pacu yang lebih panjang, karena berpotensi tertutup awan. Di Morotai, Wing Air juga sudah terbang ke Bandar Udara Sultan Babullah (Ternate) serta Bandar Udara Pitu, Morotai. Tentu ini akan membuat Morotai, Maluku Utara semakin hidup ekonominya.

Sementara itu, Sriwijaya Air, setelah menerbangi rute Jakarta Silangit, untuk menghidupkan Danau Toba, juga sudah terbang ke Labuan Bajo, NTT.

Seperti diketahui, tidak semua kota di 10 Top Destinasi Pariwisata Baru itu memiliki akses yang baik. Dia mencontohkan Toba, yang harus ditempuh 4-5 jam dari Bandara Kuala Namu, Medan.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya menjelaskan, jarak itu terlalu jauh dan lama. Wisatawan dinilai kurang nyaman jika menempuh perjalanan darat lebih dari 2-2.5 jam. Karena itu, harus ada solusi baru, untuk mempersingkat akses menuju lokasi.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge