0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gus Ipul Dilirik Dua Partai Jadi Calon Gubernur

merdeka.com
Saifullah Yusuf (merdeka.com)

Timlo.net – Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf dibidik sebagai salah satu kandidat calon gubernur Jawa Timur. Setidaknya ada dua partai yang sudah melirik pria yang kerap disapa Gus Ipul ini.

“DPP telah melakukan observasi terhadap berbagai kemungkinan untuk calon yang diusung, dan salah satunya Gus Ipul,” kata Wakil Ketua DPC PDIP Surabaya Didik Prasetiyono, Sabtu (30/4).

Menurut Didik, sosok seorang Gus Ipul yang sudah diakui kepopuleran dan kredibilitasnya sebagai seorang pemimpin dinilai memiliki kemampuan untuk melanjutkan roda pemerintahan Provinsi Jatim menggantikan Soekarwo.

“Salah satunya adalah kematangan dan pengalaman menjadi Wakil Gubernur Jatim selama dua periode,” ucap mantan komisioner KPU Jatim tersebut.

Meski demikian, diakuinya PDIP saat ini masih fokus terhadap Pilkada serentak 2017, khususnya di Jatim yang akan dilaksanakan di Kota Batu.

“Fokus PDIP adalah memenangkan sekaligus mempertahankan posisi wali kota Batu sebagai satu-satunya Pilkada serentak tahun depan,” ujarnya.

Tidak hanya itu saja, tugas tambahan dari DPP bagi daerah yang tidak menyelenggarakan Pilkada adalah menjadi relawan monitoring dan evaluasi di Pilkada se-Indonesia.

Sementara itu, nama Gus Ipul juga disebut-sebut sebagai satu-satunya nama yang diusung oleh Partai NasDem sebagai calon gubernur.

“Gus Ipul hampir pasti diusung NasDem Jatim, bahkan sudah mendapat restu dari Ketua Umum Surya Paloh,” ucap salah seorang kader DPW NasDem Jatim yang enggan disebutkan namanya.

Dikonfirmasi terpisah, Gus Ipul mengaku belum terlalu fokus memikirkan peluangnya dalam pesta demokrasi terbesar di Jatim 2018 karena masih menjabat sebagai wakil gubernur.

“Kalau saya seperti air mengalir saja. Jika ada peluang akan dijalani dengan baik dan sungguh-sungguh, tapi jika tidak ada maka tak akan memaksa mengejarnya, ” kata dia.

Pakar komunikasi politik asal Universitas Airlangga Surabaya Suko Widodo menilai popularitas dan elektabilitas Gus Ipul saat ini masih tinggi dibanding nama-nama lain yang muncul di permukaan.

“Bahkan, kalau Pilkada Jatim diselenggarakan sekarang maka Gus Ipul yang menang,” kata akademisi yang juga Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair tersebut.

[eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge