0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Ajaran Baru, Harga Sapi Turun

Pedagang sapi di pasar hewan Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Hampir dua bulan ini harga hewan di Wonogiri menurun, khususnya harga sapi. Banyaknya warga yang menjual hewan ternak diduga menjadi penyebabnya.

“Saya jual sapi buat persiapan anak cari sekolah masuk SMA, selain itu banyaknya sumbangan orang hajatan mas,” ungkap warga Kecamatan Pracimantoro, Partini, Jumat (29/4).

Dua bulan lalu satu ekor betina dewasa bisa terjual sekitar Rp 15 juta, namun kini hanya Rp 13 juta. Menurutnya, menjual ternak sudah merupakan hal yang lumrah terjadi. Warga lainnya yang memiliki anak usia sekolah sering melakukan hal ini.

“Karena banyak yang menjual, jadi harga akan turun,” ujarnya.

Menjual sapi juga dilakukan Sarsini warga Pracimantoro. Uang hasil penjualan digunakan untuk keperluan biaya sekolah anaknya yang mulai masuk SMA, sebagian lagi untuk keperluan sumbangan acara hajatan. Sama seperti Tukini, dia juga menyebut harga sapi menurun, awal bulan ini dia menjual satu sapi dewasa seharga Rp 16 juta, namun kini hanya bisa terjual Rp 14,5 juta.

“Kalau musim masuk sekolah, banyak kebutuhan untuk seragam, buku, tas. Uang hasil penjualan ternak yang lain, untuk keperluan sumbangan acara hajatan nikah atau sunatan. Biasanya sebelum puasa, banyak yang punya hajat,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge