0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TPA Gemampir Berhadapan dengan Bekas TPA Beteng

TPA Gemampir, Karangnongko, Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah sementara di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko, ternyata berseberangan dengan bekas TPA di Desa Beteng, Kecamatan Jatinom. Namun demikian, kedua lokasi ini dipisahkan oleh jurang Kali Bagor yang berhulu di Kali Woro, lereng Gunung Merapi.

“Dulu saat saya masih jadi Kepala Desa (Kades), kalau enggak salah sekitar tahun 2004, Beteng pernah jadi TPA berbarengan dengan TPA Jomboran,” kata Mantan Kades Beteng, Suman Tonodipuro (57), Kamis (28/4) kemarin.

Diceritakan, saat itu lahan TPA di Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah overload sampah. Karena pemerintah kebingungan, DPU ESDM Klaten melobi Pemerintah Desa Beteng untuk menyewakan lahannya.

Setelah itu, seluruh perangkat desa, BPD, tokoh masyarakat Beteng bersepakat untuk meminjamkan lahan kas desa yang berada di tepi jurang Kali Bagor. Pasalnya, lahan tersebut dianggap kurang produktif.

“Tidak ada istilah sewa menyewa. Tapi bila ada kegiatan pembangunan atau apapun, DPU siap membantu. Misalnya, pembangunan masjid, dan dropping air. Selain itu, kami punya misi agar lahan yang dijadikan TPA bisa subur. Kan sampahnya ditimbun tanah, lalu bisa juga jadi kompos,” ucap Suman, yang pernah menjabat sebagai Kades selama dua periode ini.

Pada 2007, Suman purna tugas sebagai kades. Setelah itu, aktivitas pembuangan sampah di Desa Beteng dihentikan. Hal itu berdasarkan rekomendasi dari Kantor Lingkungan Hidup (saat ini Badan Lingkungan Hidup) yang menyebutkan Kecamatan Jatinom sebagai salah satu kawasan resapan air.

“Kalau dampak pencemaran air enggak ada, karena disini warga enggak punya sumur. Sebab kalau musim kemarau mengandalkan dropping air dan sisa tampungan air hujan. Dihentikan mungkin ada bau dan lalat saja, tapi asal sampah itu dibakar dan diobati baunya hilang,” kata Suman saat mencoba mengingat perjalanan TPA di Desa Beteng.

Dari pantauan Timlo.net di bekas TPA Beteng, Kamis (28/4), masih terlihat beberapa sampah plastik yang ditimbun tanah. Di atasnya sudah berdiri sejumlah pohon pisang, daun ketela, dan tanaman keras lainnya. Sementara diseberang Kali Bagor, terlihat pemandangan TPA Gemampir. Sebuah truck dump kuning bermuatan penuh sampah yang langsung menumpahkan isinya ke bibir jurang kali yang kering dari air ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge