0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mesin Oven Konslet, 14 Kubik Kayu Ludes Terbakar

Mesin oven kayu yang terbakar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Kebakaran akibat mesin pengering (oven) kayu mengalami konsleting kembali terjadi. Kali ini menimpa salah satu mesin oven milik PT Gerraldi Meta Semesta, yang berada di jalan Raya Solo – Sragen, tepatnya di Desa Jetis, Jaten, Karanganyar, Jumat (29/4) sekitar pukul 07.30 WIB.

“Dugaan awal karena konsleting listrik di mesin pengering kayu,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho, Jumat (29/4).

Nugroho mengatakan, kebakaran pada mesin oven tersebut pertama kali diketahui oleh sejumlah karyawan shif pagi yang saat akan mengecek kondisi kayu dalam proses pengeringan. Saat pintu oven dibuka, sejumlah pekerja terkejut karena dari bagian dalam tungku timbul api yang sudah membakar sejumlah kayu tersebut.

Melihat hal tersebut, beberapa pekerja sebelumnya mencoba untuk memadamkan api dengan menggunakan alat pemadam ringan (Apar) dan secara manual. Akan tetapi, karena api semakin membesar, selanjutnya para pekerja tersebut melapor ke polisi dan pemadam kebakaran.

“Laporannya itu sekitar pukul 07.30 WIB, dan saat itu juga sejumlah petugas, baik dari pemadam ataupun relawan langsung kami tugaskan untuk melakukan pemadaman,” kata Nugroho.

Akibat kebakaran tersebut, sedikitnya 14 kubik kayu jenis mindi yang saat itu dalam proses pengeringan, ludes terbakar. Proses pemadaman sempat tersendat, lantaran petugas pemadam kebakaran mengalami kesulita mendapatkan air. Api baru bisa dipadamkan setelah hampir satu jam, dengan mengerahkan empat mobil pemadam kebakaran dari Solo dan Karanganyar.

Sementara itu, Kapolsek Jaten AKP Y Subandi, mengaku sampai saat ini pihaknya belum mengetahui total kerugian dari kebakaran pabrik kayu dan besi milik Wiguno Jadhisno, tersebut.

“Kerugian belum dapat ditaksir, karena pihak dari perusahaan masih melakukan penghitungan,” singkat Kapolsek.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge