0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Demi PAD, Pemkab Abaikan PP

Salah satu iklan rokok yang terpampang di jalan protokol Wonogiri (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Pemkab Wonogiri dinilai mengabaikan peraturan pemerintah (PP) nomor 109 Tahun 2012 tentang aturan iklan rokok. Hal ini ditengarai masih bebasnya puluhan iklan rokok berukuran besar di jalan protokol.

“Ini demi pendapatan daerah (PAD – Red), memang itu melanggar, tapi kewenangannya ada di bagian perijinan yakni BPMPP,” ungkap Kepala DPPKAD Wonogiri, Haryono, Kamis (28/4).

Dikatakan, pasal 31 peraturan pemerintah (PP) nomor 109 tahun 2012 mengatur pemasangan iklan rokok di luar ruang publik. Salah satu klausul dalam pasal ini menyebutkan tentang larangan pemasangan iklan rokok di jalan utama atau jalan protokol. Namun di Wonogiri puluhan iklan rokok berukuran besar terpasang bebas di ruas-ruas jalan protokol.

“Sampai saat ini belum ada kebijakan bupati tentang iklan rokok di luar ruang sehingga kami hanya membatasi pemasangan iklan rokok yang melintang jalan,” jelasnya.

Terkait pendapatan dari iklan rokok, Haryono mengatakan lebih dari Rp 500 juta per tahun.

“Angka ini merupakan, pendapatan tertinggi bagi Wonogiri yakni sebesar 60 persen dari total pendapatan pajak daerah,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge