0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Lulusan SMK Belum Terserap Perusahaan

Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro (dok.timlo.net/humas pks)

Solo – Penyerapan tenaga kerja bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Solo perlu ditingkatkan. Peningkatan dapat dilakukan dengan merangkul sejumlah perusahaan besar untuk membuka lowongan bagi lulusan sekolah vokasi yang berasal dari Solo.

“Memang selama ini bursa kerja di sekolah SMK telah berjalan. Namun, alangkah baiknya jika mereka (pihak sekolah) terus membuat MoU baru dengan perusahaan-perusahaan lain supaya memperbesar serapan bagi lulusan sekolah vokasi di Solo,” terang Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro, Kamis (28/4).

Menurutnya, masih banyak lulusan SMK Solo yang belum terserap maksimal oleh perusahaan besar. Hal ini, menjadi sebuah polemik ketika Kota Solo dikenal sebagai Kota Vokasi. Maka dari itu, lanjut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, pihak sekolah harus jeli dalam merangkul perusahaan-perusahaan baru supaya mau membuka lowongan bagi lulusan SMK Solo.

“Bisa juga dengan cara menambah kuota serapan tenaga kerja perusahaan yang telah menjalin kerjasama dengan pihak sekolah. Upaya ini akan lebih efektif,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Solo Hartanti mengatakan, bagi lulusan SMK Solo yang belum beruntung terserap oleh perusahaan dapat lebih mematangkan kemampuan di Solo Technopark. Disana, mereka akan dididik supaya kemampuan yang mereka miliki lebih matang sebelum terjun ke dunia kerja.

“Kalau belum lulus tes kerja, jangan kecil hati. Bisa ke Technopark untuk dibekali ketrampilan lain. Supaya kemampuannya lebih matang dan diterima didunia kerja,” kata politikus PDIP tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge