0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Latihan Pengendalian Massa

Sabhara Polresta Solo Bubarkan Tawuran Massa

Pasukan Satuan Bhayangkara (Sat Sabhara) Polresta Solo latihan pengendalian massa (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Perkelahian antar kampung pecah di Jl Adi Sucipto, Solo, Kamis (28/4) pagi. Dua kelompok tersebut saling serang dengan menggunakan balok kayu. Botol-botol air mineral berterbangan digunakan kedua kelompok itu untuk saling lempar.

“Serang mereka, seraaang!” seru massa kedua kelompok tersebut.

Perkelahian terjadi di tengah Jl Adisucipto. Arus lalu lintas menjadi tersendat. Warga berdatangan untuk menonton.

Beberapa saat kemudian, pasukan Satuan Bhayangkara (Sat Sabhara) Polresta Solo dengan bersenja lengkap datang menggunakan sepeda motor. Dengan sigap pasukan terlatih ini memecah kerumunan massa.

“Bubar! Ayo bubar!” kata mereka.

Massa mulai kocar-kacir. Mereka terbagi dua kelompok di sisi kanan dan kiri. Namun bukannya menghentikan perkelahian, mereka masih melanjutkan adu jotos. Bahkan beberapa dari mereka mencoba melempari anggota kepolisian yang datang melerai.

Akhirnya, beberapa anggota Sabhara turun dari kendaraan, dan menangkap beberapa dari perusuh. Melihat rekan mereka tertangkap, massa kemudian lari tunggang langgang.

Kejadian tersebut merupakan skenario latihan pengendalian massa yang dilakukan oleh Satuan Sabhara Polresta Solo. Latihan ini diperlukan untuk melatih kesigapan dari anggota Sabhara dalam menghadapi kerusuhan massa.

“Sabhara sebagai tim pemukul, kita latih untuk tetap bisa sigap dalam melaksanakan tugas. Terutama tugas-tugas yang melibatkan massa dan kerusuhan. Latihan ini kita tujukan untuk itu,” tegas Kasat Sabhara Polresta Solo Kompol Eddy Sulistyo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge