0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Empu Tari Ini Ikut Solo 24 Jam Menari

Solo Menari 24 Jam tahun lalu (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dua empu tari akan turut unjuk kebolehan dalam gelaran Solo Menari 24 Jam, Kamis (28/4). Dua orang tersebut secara khusus didatangkan dari Banyuwangi, Jawa Timur, dan Denpasar, Bali.

“Dua empu tari ini adalah penari khusus. Mengingat usia mereka yang sudah lanjut, mereka akan turut menari, namun tidak kita batasi waktunya, sehingga sesuai kemampuan mereka,” ujar Joko Aswoyo selaku Ketua Panitia Solo Menari 24 Jam, Rabu (27/4).

Dijelaskan, dua empu tari tersebut adalah Poniti dari Banyuwangi, dan Ida Bagus Oka Wirjana dari Denpasar. Poniti yang berusia 68 tahun ini merupakan Empu Tari Gandrung Banyuwangi. Sedangkan Ida Bagus Oka Wirjana berusia 86 tahun penari Kebyar Duduk yang tersohor.

Tari Gandrung Banyuwangi bercerita tentang suka cita seusai masa panen, tarian ini biasanya ditarikan oleh seorang wanita profesional yang akan menari bersama dengan penonton. Tarian ini biasanya disajikan dengan iringan khas perpaduan antara budaya Jawa dan Bali.

Sedangkan Tari Kebyar Duduk merupakan tari ciptaan I Ketut Mario pada tahun 1925. Tari ini disebut Kebyar Duduk oleh karena sebagian besar gerakan tarinya dilakukan dalam posisi duduk dengan kedua kaki bersila. Kebyar adalah jenis tarian tunggal. Tarian Kebyar penekannya adalah pada penari yang menginsterpretasikan nuansa musik dengan ekpresi wajah dan gerakan.

Mereka akan menari pada Jumat (29/4) sekitar pukul 16.00 WIB di Pendopo ISI Solo.

“Kalau untuk menari, kedua empu ini tidak perlu diragukan lagi, hanya saja kita tidak memaksakan. Kita banyak belajar, dan kita serap semangat, dan pengabdian beliau terhadap tari,” terang Joko Aswoyo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge