0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Tambah Anggaran Mudik Gratis

Dok. Timlo.net/Tarmuji
Sejumlah pemudik menurunkan barang bawaannya di Terminal Giri Adipura Wonogiri (Dok. Timlo.net/Tarmuji)

Timlo.net – Pemerintah menyiapkan angkutan mudik gratis selama lebaran. Tak tanggung-tanggung, anggaran Rp 20 Miliar disiapkan. Peningkatan anggaran ini dilakukan guna menekan angka pemudik motor.

“Anggarannya empat kali lipat dari tahun lalu yang cuman Rp 5 miliar. Jadi pemudik motor kita imbau untuk menggunakan bus gratis yang sudah kita siapkan,” ujar Direktur Angkutan dan Multi Moda, Cucu Mulyana, Rabu (27/4).

Tahun ini pihaknya juga sudah menyiapkan truk yang khusus untuk mengangkut motor para pemudik. Selain itu, tahun ini Kemenhub juga menambah daerah tujuan mudik dari tahun sebelumnya yang hanya Purwokerto, Kebumen, Wonosobo, Magelang, Yogyakarta, Solo, Wonogiri dan Tegal.

“Pemudiknya naik bus, nanti motornya kita angkut pakai truk. Daerah tujuan mudiknya jadi 9 dibanding tahun lalu yang hanya 7,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto menegaskan tahun ini pihaknya menargetkan penurunan jumlah pemudik motor. Dirinya mengimbau agar masyarakat mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan pihaknya.

“Kalau mudik naik motor bawa anak 1 motor jadi 3 sampai 4 orang, jangan lah bahaya. Mending naik bus yang sudah kita siapkan gratis, tahun ini kapasitasnya meningkat,” jelas dia.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge