0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ubud Food Festival, Pesta Kulinernya Bali

commons.wikimedia.org
ilustrasi (commons.wikimedia.org)

Timlo.net – Berbagai sajian kuliner nusantara tersaji di Bali dalam Ubud Food Festival (UFF). Event tersebut digelar mulai 27-29 Mei 2016.

Founder & Director Ubud Food Festival, Janet DeNeefe mengatakan, ini merupakan kali kedua pihaknya mengadakan even tersebut. Perhelatan perdana dilakukan pada bulan Juni tahun lalu. Pusat lokasi UFF rencananya akan berada di Taman Kuliner yang dilatar belakangi oleh indahnya lembah Campuhan, berlokasi di Jalan Raya Sanggingan.

”Ini yang kedua dan kami akan mengusung tema ‘Go Local’, tema yang akan menjadikan tradisi kuliner Indonesia sebagai bintang utama dalam penjelajahan kuliner. Kami ingin tahu latar belakang, sejarah, dan makna dari budaya serta tradisi kuliner Indonesia. Kami bersama wisatawan akan menelaah, dikupas, dan dikaji oleh chef, pencinta kuliner, dan mereka yang ahli di bidang kuliner sambil menikmati keindahan alam Ubud,” ujar Janet, Senin (25/4).

Konsep “go local” ini sebagai langkah untuk mempromosikan masakan Bali ke pentas dunia. Janet menambahkan, sederet nama-nama besar di bidang kuliner Indonesia akan hadir meramaikan kancah kuliner bertajuk UFF itu.

Diantaranya adalah, Sisca Soewitomo. Sisca adalah tokoh ahli makanan yang telah menulis ratusan buku kumpulan resep. Sisca rencananya akan berbagi cerita seputar karirnya di bidang kuliner yang sudah ditekuni selama lebih dari 40 tahun.

”Selain itu kami juga akan mengundang juru masak Presiden Jokowi, William Wongso,” ujarnya.

Janet juga memastikan bahwa Chef, pengusaha, dan figur media seperti Farah Quinn akan hadir di UFF. Juru masak dan jurnalis Petty Elliott dengan keahliannya di masakan Indonesia modern juga sudah confirm meramaikan UFF.

“Tahun ini, program kami akan berkisar pada tema Go Local yang bertujuan untuk memperkaya pengertian tentang kuliner Indonesia; seperti asal, pembuat, dan bagaimana makanan tersebut bisa pas dengan budaya, sosial, dan geografi yang mengelilinginya,” kata Janet.

Selain itu, bintang-bintang kuliner nusantara yang akan hadir di UFF 2016 ini adalah presenter dan jurnalis Bondan Winarno. Chef Mandif Warokka, juru masak dengan bintang Michelin pertama di Indonesia. Rockstar kuliner Bara Pattiradjawane, Rahung Nasution, dan sederet lainnya.

Even ini sangat pas dilaksanakan di Ubud. Seperti diketahui, Ubud, Bali semakin menjejakkan gelarnya sebagai pusat kuliner dan seni Pulau Bali. Wilayah yang terkenal dengan alam yang asri itu kini dipenuhi oleh deretan restauran-restauran terbaik kelas dunia.

“Ada 60 lebih chef dan ikon kuliner yang akan hadir di UFF dan setiap dari mereka akan memberikan penghargaan kepada arti dari tema Go Local tersebut dengan mengunjungi Pasar Ubud di pagi hari agar mendapatkan bahan makan segar yang terbaik untuk digunakan di acara mereka, atau menggunakan teknik memasak tradisional yang menggunakan arang dan kipas bambu,” tambahnya.

Selama tiga hari Ubud Food Festival akan dipadati oleh program-program seperti diskusi seputar makanan, demo memasak, pemutaran film, dan masih banyak lagi.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge