0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

12 Toko Modern Ditutup Paksa, Ini Sebabnya

(dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Setelah menertibkan 22 pertambangan ilegal, Pemkab Wonogiri kini menyasar toko modern yang tumbuh subur di pelosok Wonogiri. Dari 35 toko modern di 25 kecamatan se-Wonogiri, 12 di antaranya tidak mengantongi izin alias ilegal.

“Perinciannya enam di antaranya dari jaringan Alfamart dan enam dari Indomaret. Keduabelas toko modern nakal itu tersebar di Kecamatan Wonogiri, Baturetno, Jatisrono, maupun Ngadirojo,” ungkap Kepala BPMPP Wonogiri,Eko Subagyo,Selasa(26/4)

Jauh hari Pemkab Wonogiri telah memberikan deadline pengurusan izin terhadap belasan toko modern ilegal itu. Tak hanya itu saja, sejumlah rumah sakit dan klinik pun mendapat warning terkait perijinan.

“Dari enam toko modern Indomaret, satu telah tutup secara mandiri,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya telah memberikan batas waktu kepada belasan toko modern ilegal itu. Batas waktu disesuaikan pula dengan kesanggupan para pemilik toko modern.

Deadline untuk Alfamart adalah tanggal 9 Mei, untuk Indomaret 29 Mei. Jika sampai deadline lewat tidak juga mengurus izin, terpaksa ditutup,” tegasnya.

Selain tidak mengantongi izin, belasan toko modern tersebut juga tidak peduli pada UMKM sekitar. Selanjutnya imbuh Eko, pihaknya bakal menertibkan rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya, seperti poliklinik, rumah bersalin, bidan praktik swasta, maupun balai pengobatan.

“Intinya sama, izin harus dikantongi. Peruntukan atau operasionalnya harus tunduk dengan regulasi yang berlaku. Kalau tidak tunduk ya ditindak,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge