0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apa Arti “Horsemen” dalam Film “X-Men: Apocalypse”?

Empat penunggang kuda. (Dok: Timlo.net/apocalypse-soon.com.)

Timlo.net — Tim X-Men muda kali ini akan berhadapan dengan sosok musuh terkuat yang ada di dunia mereka, Apocalypse. Sosok Apocalypse sendiri dalam film ini adalah mutan tertua dan terkuat yang ada. Dalam video trailer sebelumnya, sosok Apocalypse dianggap sebagai dewa atau tuhan oleh umat manusia di masa lampau dan dikenal dengan berbagai sebutan seperti Yahweh (nama Tuhan dalam Bahasa Ibrani), Krishna (dewa dalam agama Hindu) dan lain-lain.

Apocalypse sendiri dalam Bahasa Indonesia berarti kiamat, yang mengacu pada kehancuran alam semesta. Dalam video trailer dikatakan jika Apocalypse, sebelum dia tertidur, selalu membentuk sebuah tim pengikut yang terdiri dari empat mutan kuat. Dalam film itu, keempat mutan ini disebut horsemen.

Sosok Apocalypse dan horsemen sebenarnya mengacu pada nama-nama yang ada di dalam ajaran agama Kristen terutama dari kitab terakhir di dalam Alkitab, kitab Wahyu. Kitab ini dikatakan ditulis oleh salah satu murid Yesus, Rasul Yohanes yang memperoleh penglihatan atau pewahyuan tentang akhir zaman dan kiamat (Apocalypse).

Dalam salah satu penglihatan, Yohanes menyebutkan jika sebelum kiamat terjadi, akan muncul empat hal yang menjadi tandanya. Keempat hal ini diperlihatkan kepada Yohanes sebagai empat sosok penunggang kuda (horsemen). Keempatnya adalah Perang, Kelaparan, Sampar dan Kematian.

Sementara horsemen dalam film X-Men terbaru adalah empat mutan kuat yang menjadi anak buah Apocalypse. Mereka adalah Magneto (Michael Fassbender) Psylocke (Olivia Munn), Storm (Alexandra Shipp) dan Archangel (Ben Hardy). Dalam komik sendiri, anggota horsemen ini rupanya berganti-ganti bahkan Wolverine dan Spider-Man sendiri pernah menjadi anggota tim horsemen ini.

(Berbagai sumber)

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge