0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terkait Pengambilalihan SMA/SMK, Pemkab Lakukan Pendataan Aset

dok.timlo.net/agung widodo
SMKN Kedawung, Sragen (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangasn dan Aset Daerah (DPPKAD) Sragen baru mengadakan pendataan aset yang dimiliki Dinas Pendidikan (Disdik). Langkah ini terkait dengan rencana pengambilalihan pengelolaan SMA/SMK sederajat oleh Provinsi Jawa Tengah.

”Khusus untuk aset dari pemerintah daerah dan provinsi harus disinkronkan dulu,” kata Kepala DPPKAD Sragen, Untung Sugiharto, Selasa (26/4).

Untung menjelaskan, untuk anggaran pendidikan tingkat menengah atas, mulai Tahun Ajaran 2017 ini telah menjadi tanggung jawab Pemprov Jateng. Termasuk tanggungan guru nantinya juga ditanggung provinsi, seperti gaji, BOS dan semua kegiatan pendidikan. Sedangkan daerah sendiri hanya berperan sebagai penyelenggara.

Sementara, Sekretaris daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto menyampaikan penyerahan asset SMA/SMK baru akan dikakukan pada Oktober mendatang.

”Oktober diserahkan. Teknisnya tentunya ada berita acara serah terima,” ujarnya.

Namun, dia mengaku tidak mau menduga dampak ke depan setelah pengelolaan SMA/SMK berada di bawah provinsi. Bagaimanapun itu tetap bakal dilakukan lantaran amanat undang-undang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge