0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ilmuwan: Segala Sesuatu yang Kita Lihat Hanyalah Ilusi

Dok: Timlo.net/ Metro.co.uk
Donald Hoffman. (Dok: Timlo.net/ Metro.co.uk)

Timlo.net—Menurut seorang ahli ilmu syaraf, Donald Hoffman segala sesuatu yang kita lihat di dunia ini hanyalah ilusi. Hoffman percaya jika otak kita menyembunyikan realita dunia nyata karena kebenarannya akan membuat otak kita kewalahan.

Dia berkata jika otak manusia berevolusi untuk menyederhanakan hal-hal di dunia, mirip dengan komputer yang berusaha menyederhanakan sistem kerjanya dengan tampilan antar muka. Komputer menyederhanakan file-file dengan menampilkan sebuah bentuk kotak dan lingkaran kecil di mata kita.

Dalam acara TED talk, Hoffman memberikan ilustrasi tentang hal ini. “Ikonnya berwarna biru dan berbentuk bundar dan di sisi kanan bawah komputer,” katanya.

“Apakah itu berarti file teks itu sendiri di dalam komputer berwarna biru, bundar dan berada di sebelah kanan bawah komputer? Tentu saja tidak. Siapapun yang berpikir seperti itu salah mengartikan tujuan dari tampilan antar muka. Sistem tampilan antar muka ada bukan untuk menunjukkan realitas dari komputer. Faktanya, sistem itu ada untuk menyembunyikan kenyataan,” terangnya.

“Itulah ide utamanya. Evolusi membentuk kita dengan persepsi yang mengizinkan kita bertahan hidup. Mereka memandu perilaku adaptif. Tapi bagian yang terlibat menyembunyikan hal yang tidak perlu kita tahu. Dan hal itu berarti hampir dari semua realita, apapun wujud dari realita itu. Jika Anda menghabiskan seluruh waktu untuk mencarinya, harimau akan memakan Anda,” tambahnya.

“Menurut evolusi oleh seleksi alam, sebuah organisme yang melihat kenyataan sebagaimana mestinya tidak akan pernah lebih kuat dibandingkan dengan organisme dengan kompleksitas yang sama yang tidak melihat kenyataan tapi beradaptasi untuk menjadi bugar. Tidak pernah,” tutupnya.

Sumber: Metro.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge