0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Revisi PPh 1 Persen Dapat Dongkrak WP

pelayanan pajak (foto: Setyo)

Solo – Rencana pemerintah yang akan menurunkan pajak penghasilan (PPh) final 1 persen bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akan dapat mendorong kesadaran wajib pajak (WP). Pasalnya PPh final 1 persen yang berlaku saat ini masih dianggap memberatkan pelaku usaha.

“Jangka pendek mungkin akan berpengaruh terhadap penerimaan pajak. Namun secara jangka panjang, kita melihat dapat meningkatkan basis wajib pajak dari kalangan pelaku UMKM,” ujar Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Humas (P2Humas) Kanwil DJP Jateng II, Basuki Rahmat, Senin (25/4).

Karena menurutnya, sejak adanya pemberlakuan PPh final 1 persen bagi pelaku UMKM tahun lalu, ternyata dapat mendongkrak kesadaran pelaku usaha. Bahkan sejak diberlakukan aturan tersebut, dapat mendongkrak penerimaan pajak hingga 20 persen.

“Secara nominal mungkin memang kecil. Tapi tujuan dari kebijakan ini adalah mendongkrak partisipasi wajib pajak, khususnya dari pelaku UMKM,” jelasnya.

Sebagai informasi, aturan PPh final 1 persen sesuai dengan PP No 46 Tahun 2013 hanya berlaku bagi pelaku UMKM dengan omzet Rp 48 Miliar per tahun.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge