0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kanwil DJP Jateng II Targetkan 469 Ribu Wajib Pajak

Pelayanan pajak di KPP Pratama (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral Pajak (DJP) Jawa Tengah II targetkan 469 ribu wajib pajak (WP), untuk pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) melalui e-filing. Salah satu upaya untuk merealisasikan target tersebut adalah dengan cara perpanjangan waktu pelaporan.

“Batas terakhir pelaporan SPT harusnya Maret kemarin. Sehingga dengan adanya perpanjangan ini, harapanya dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak. Baik WP orang pribadi (OP) ataupun badan,” ujar Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Humas (P2Humas) Kanwil DJP Jateng II, Basuki Rahmat, Senin (25/4).

Dikatakan dia, sampai dengan saat ini jumlah yang sudah melaporkan SPT melalui e-filing sudah mencapai 423 ribu WP. Melihat animo tersebut, pihaknya optimis target 469 ribu dapat terealisasi.

“Dengan adanya berbagai kemudahan ini, kesadaran WP bisa dikatakan meningkat. Karena periode tahun lalu, jumlah yang melaporkan SPT hanya 200 ribuan,” jelasnya.

Basuki juga menyampaikan, kendala WP tidak melaporkan SPT nya karena dipengaruhi beberapa hal. Diantaranya adalah karena tidak mengetahui alasan kenapa harus melapor, dan selanjutnya karena ada beberapa usaha yang sudah tidak beroperasi.

“Misalnya saja ada koperasi yang sudah bubar, atau karyawan yang sudah di PHK. Padahal secara kewajiban mereka harus melapor, tapi karena dipengaruhi beberapa hal sehingga mereka enggan untuk melapor,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge