0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Standar Keselamatan Bersepeda

Kampanye keselamatan bersepeda (timlo.net/heru murdhani)

Solo — Kampanye keselamatan berlalu-lintas terutama bagi pengendara sepeda. Hal ini selain diinisiasi oleh pihak pemerintah kota, juga dilakukan oleh komunitas sepeda itu sendiri.

“Memang harusnya keamanan pesepeda itu diutamakan juga. Selama ini pesepeda menjadi warga nomor dua di jalan raya itu,” kata ketua Komunitas Masyarakat Sadar Keselamatan (KMSK), Wardoyo Peppy, Senin (25/4).

Selain disosialisasikan kepada masyarakat umum, kampanye ini ditujukan untuk penggiat sepeda itu sendiri. Menurut Peppy, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pengamanan pesepeda. Diantaranya adalah menggunakan lampu dan rompi fosfor jika bersepeda di malam hari.

“Selain itu menggunakan helm juga penting, dan ini bukan gaya-gayaan seperti yang dipahami masyarakat kita sekarang,” ungkap Peppy.

Selain itu sepeda juga wajib dilengkapi dengan reflektor kecil (mata kucing) yang berfungsi untuk memantulkan sinar dari kendaraan lain. Hal ini adalah standar keselamatan berkendara sepeda secara umum, namun untuk kegiatan bersepeda ekstrim lain, ada standar lain yang harus ditaati.

“Selain itu tentunya dengan menaati peraturan lalu lintas yang ada, seperti menggunakan jalur lambat, dan lainnya,” imbuh dia.

Sementara itu, penggiat sepeda BMX, Ainot Wijanarko mengatakan standar penggunaan helm dan pelindung siku serta lutut sangat disarankan untuk jenis olahraga sepeda ini. Selain itu dalam standar lomba secara internasional menggunakan pelindung bodi secara utuh.

“Harus itu Mas, standar internasional perlombaan begitu. Namun hal ini juga belum dilakukan oleh teman-teman komunitas BMX sendiri sehingga memang harus disosialisasikan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge