0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari Jumat, Pelajar dan PNS Bakal Diwajibkan Bersepeda

timlo.net/heru murdhani
Yosca Herman Sudradjad (timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo akan melakukan pendataan jalur lambat di Kota Bengawan. Pendataan ini sejurus dengan akan diberlakukannya hari bersepeda bagi pelajar dan PNS setiap Jumat oleh walikota Solo.

“Kita data dulu jumlah jalur lambatnya. Sebab ada jalan yang milik pusat, provinsi, dan kota. Nanti biar tidak saling tumpang tindih,” kata Kepala Dishubkominfo Kota Solo, Yosca Herman Sudradjad, Senin (25/4).

Selain itu pihaknya juga menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat maupun provinsi untuk melancarkan wacana itu.

Terkait wacana adanya perwali tentang pelaksanaan hari bersepeda, Herman menyatakan tidak menjadi soal. Asalkan data mengenai akses jalur lambat di Kota Solo ini valid dan bisa mendukung wacana ini dapat dilaksanakan.

”Bisa saja membuat Perwali. Namun harus ada dasarnya terlebih dahulu,” jelasnya.

Sementara Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan pemberlakuan hari bersepeda ini adalah upaya mengurangi tingkat polusi, serta untuk mengurangi kemacetan.

Pemilihan hari Jumat sebagai waktu untuk bersepeda serentak ini juga bukan tanpa alasan. Mengingat di hari Jumat, murid sekolah dan para SKPD pulang lebih awal dibandingkan hari biasanya.

“Rencananya dicoba untuk hari Jumat saja, karena lebih enak, harinya juga pendek,” kata Rudy.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge