0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMA/SMK Diambil Alih Provinsi, Dinas Fokus ke Pendidikan Dasar

timlo.net/agung widodo
Kegiatan belajar di salah satu sekolah dasar (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Mulai tahun depan, kewenangan pemerintah daerah hanya sebatas pada pendidikan dasar, mulai Taman Kanak-Kanak (TK) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat. Hal ini terkait rencana pengambilalihan pengelolaan SMA/SMK sederajat oleh Provinsi Jawa Tengah.

“Dengan hanya mengurusi pendidikan dasar, diharapkan anggaran yang dimiliki Pemkab Sragen bisa fokus untuk semua sekolah yang menjadi kewenangannya,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Sragen, Suwardi, Senin (25/4).

Menurutnya, Disdik sendiri sudah memiliki data detail terhadap semua guru, baik di tingkat SD, SMP, SMK dan SMK. Pengambilalihan kewenangan tersebut juga menjadikan status para guru menjadi pegawai Pemprov Jateng.

Dijelaskannya, kabupaten Sragen terdapat 11 SMA dan SMK Negeri yang tersebar di 20 kecamatan yang bakal beralih status dan keweangannya. Rencana pengelolaan SMA/SMK itu sendiri merupakan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Tidak hanya guru, aset sekolah otomatis juga menjadi milik Pemprov Jateng,” jelasnya.

Menurutnya, salah satu keuntungan dari kewenangan tersebut adalah daerah bisa lebih berkonsentrasi kepada pendidikan dasar saja. Apalagi untuk Sragen, masih banyak SD dan SMP yang butuh perhatian dan perbaikan, termasuk peningkatan kompetensi guru.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge