0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMA Negeri 1 Solo Susul Pakai SKS

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dikpora Solo, Unggul Sudarmo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — SMA Negeri 1 Solo menyusul SMAN 3 Solo menyatakan siap memakai pembelajaran system kredit semester (SKS) pada tahun ajaran 2016/2017 mendatang. SMAN 1 Solo memang mengajukan ijin kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Solo.

“Sejauh ini SMA Negeri 1 Solo sedang melakukan berbagai persiapan,” ungkap Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dikpora Solo, Unggul Sudarmo kepada wartawan, di ruang kerjanya, Senin (25/4).

Konsep SKS, kata Unggul,  merupakan sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan. Penerapan pembelajaran SKS mengacu pada ketentuan dalam Lampiran IV Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 81A/2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013.

“Jika ingin memakai SKS, SMA bersangkutan harus terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M),” jelasnya.

Unggul  juga mengatakan, persiapan menuju penerapan pembelajaran SKS akan mencakup seluruh aspek, terutama sistemnya. Sehingga tidak hanya siswa, melainkan sistemnya, guru-guru, hingga sarana dan prasarana.

Penerapan SKS, menurut Unggul, yang diuntungkan adalah anak-anak yang memiliki kemampuan belajar lebih karena mereka bisa mengambil jumlah SKS lebih banyak dalam satu semester, sehingga waktu belajar mereka bisa lebih cepat, yakni dalam waktu empat semester.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge