0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasokan Melimpah, Harga Sembako di Solo Turun

timlo.net/setyo puji s
Pedagang cabe di pasar (timlo.net/setyo puji s)

Solo – Harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok (Sembako), di Pasar Legi Solo berangsur turun sejak sepekan terakhir. Turunnya harga tersebut, karena dipengaruhi pasokan barang yang berlimpah dari petani.

“Pasokan barang saat ini cukup banyak. Hal itu mengingat dibeberapa daerah pemasok sedang panen raya,” ujar salah satu pedagang bawang di Pasar Legi Solo, Sri Rahayu kepada wartawan, Senin (25/4).

Dikatakan, untuk harga bawang merah sendiri saat ini turun menjadi Rp 35 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 37 ribu per kilogram. Bawang putih turun menjadi Rp 30 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 32 ribu per kilogram.Kemiri dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram sekarang menjadi Rp 17 ribu per kilogram.

“Untuk bawang merah selama ini kita dipasok dari Brebes. Sedangkan bawang putih impor,” jelasnya.

Kondisi yang sama juga terjadi untuk komoditas sayur. Salah satu pedagang sayur, Wiwid menyampaikan, untuk harga sayur jepan turun menjadi Rp 2,5 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 4 ribu per kilogram, sementara sawi putih juga turun dari sebelumnya Rp 7 ribu per kilogram menjadi Rp 5 ribu per kilogram.

“Kalau harga sayur memang biasanya fluktuatif. Semuanya tergantung dari pasokan barang,” ungkapnya.

Meskipun harga saat ini mengalami penurunan, namun ia memprediksi sifatnya hanya sementara. Hal itu karena saat menjelang bulan ramadhan, biasanya permintaan dari masyarakat meningkat dan harga juga ikut terkerek naik.

Sementara dari pantauan lainya, harga cabe dari berbagai jenis juga mengalami penurunan. Seperti rawit putih dari sebelumnya Rp 13 ribu per kilogram sekarang menjadi Rp 9 ribu per kilogram, merah besar dari sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram sekarang menjadi Rp 16 ribu per kilogram, hijau besar dari sebelumnya Rp 19 ribu per kilogram menjadi Rp 13 ribu per kilogram.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge