0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Alasan Warga Dukuh Karangdukuh Tolak TPA Sampah

dok.timlo.net/aditya wijaya
TPA Karangdukuh, Kecamatan Jogonalan, Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Hampir sepekan Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU dan ESDM) Klaten menyewa sepetak lahan milik warga di Dukuh Karangdukuh, Desa Karangdukuh, Kecamatan Jogonalan. Namun demikian, warga setempat belum menerima sosialisasi terkait penggunaan TPA sampah sementara pengganti TPA di Desa Joho, Kecamatan Prambanan itu.

“Lahan itu (TPA) sudah digunakan untuk kegiatan membuang sampah sejak Selasa (19/4) lalu. Tapi hingga sekarang belum pernah ada sosialisasi,” ucap warga Dukuh Karangdukuh, Sunardi (52), Senin (25/4).

Menurut pria yang kesehariannya membuat batu bata ini, dirinya memang belum merasakan dampak dari keberadaan TPA Karangdukuh. Kendati demikian, ia khawatir keberadaan TPA sementara itu dimasa mendatang menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan.

“Minimal sebelum menggunakan lahan itu (TPA) ya mbok ada sosialisasi. Itu (TPA) nantinya akan diolah seperti apa, lalu dampak kedepannya bagaimana. Jangan tiba-tiba truk-truk itu lalu lalang terus langsung membuang sampah,” imbuh Sunardi.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Karangdukuh, Iriyanto mengatakan, pihaknya memang belum memberikan sosialisasi. Pasalnya, tugas tersebut sudah dibebankan kepada pemilik lahan yang bersangkutan.

“Sudah saya aturi (mandat) untuk sosialisasi ke RT, RW, dan tokoh masyarakat. Tapi pemilik lahan baru sosialisasi ke kelompok taninya. Tetapi, kemudian ya namanya warga banyak, ada pro dan kontra. Ternyata baru sepekan sudah bergejolak,” ucap Iriyanto.

Dari pantauan Timlo.net, TPA Karangdukuh ini berada di lahan bekas galian pembuatan bata bata. Lahan tersebut tergenang air dan sampah yang berbatasan dengan saluran dan rel kereta api. Meski demikian, tak jauh dari TPA terdapat sejumlah warga yang juga sedang membuat batu bata.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge